Bangun Tidur


Bangun Tidur
Oleh : Irwan Pachrozi

Pernahkah ketika bangun tidur di pagi hari kita langsung berpikir? Kok aneh ya pertanyaannya? Begini asal muasal pertanyaan tersebut muncul: Ketika bangun pagi biasanya kita selalu bermalas-malasan dan ogah-ogahan. Badan rasanya kaku-kaku dan cuaca rasanya sangat dingin. Belum lagi kalau sebelum tidur pintu rumah sempat diketuk debt collector alias penagih uang. Wah, jadinya tambah berabe dan malas berpikir.

Jadi, pernahkah ketika bangun tidur tersebut kita langsung berpikir? Apa gunanya berpikir ketika bangun pagi? Menurut selentingan, berpikir di saat tersebut sangat ampuh untuk merestorasi dan merekontruksi pikiran dan ide-ide kita sehari sebelumnya. Benarkah? Entahlah. Yang pasti, yang ingin saya ungkap bukan hal tersebut. Kok?

Ya! Sebenarnya pertanyaan awal di atas adalah pertanyaan yang tertulis secara nggak sengaja. Jadi, diteruskan saja biar tidak bingung. Padahal, saya ingin bertanya begini: Pernahkah Anda ketika bangun di pagi hari langsung berdoa? Apakah Anda benar-benar berdoa sebelum menggeliat dan duduk di tepi tempat tidur? Artinya, berdoa sesudah tidur merupakan suatu kebutuhan dan bukan suatu refleks.

Hapal dan ikhlaskah Anda berdoa di pagi hari? Mari, kita bertanya pada rumput yang bergoyang!!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama